ARTIKEL AKSI NYATA MODUL 1.4
DISEMINASI BUDAYA POSITIF DI SEKOLAH
Oleh
WAWAN WIDARTONO YULIANTO,S.Pd.SD.
Calon Guru Penggerak Angkatan 10
SD Negeri 2 Selo
Korwilcam Bidang Pendidikan Kecamatan Tawangharjo
Penerapan budaya positf disekolah merupakan salah satu upaya peningkatan kualitas pendidikan nasional. Penerapan budaya positif ini tidak bisa dilakukan tanpa dukungan dari semua elemen yang ada di sekolah. Dengan penerapan budaya positif ini diharapkan dapat mewujudkan visi sekolah dan membentuk karakter murid dalam mengimplementasikan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila.
TUJUAN
a. Menerapkan budaya positif di sekolah
b. melalui kesepakatan kelas
c. Menumbuhkan karakter pada siswa antara lain berakhak mulia, mandiri, tanggung jawab, disiplin, dan saling menghargai
d. Mewujudkaan merdeka belajar melalui penerapan budaya positif
e. Menumbuhkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasilan pada siswa
TOLAK UKUR
Tolak ukur pada kegiatan ini adalah
1. Peserta didik Bersama dengan wali kelas membuat kesepakatan kelas
2. Guru dan peserta didik secara konsisten menjalankan kesepakatan kelas
3. Peserta didik menerapkan budaya positif dalam kesehariannya
4. Tumbuhnya karakter pada siswa antara berakhak mulia, mandiri, tanggung jawab, disiplin, dan saling menghargai
5. Terwujudnya merdeka belajar
6. Tumbuhnya nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila Pada diri siswa
LINIMASA TINDAKAN
Langkah-langkah yang akan dilakukan adalah:
A. Membuat perencanaan kegiatan Mensosialisasikan budaya positif kepada seluruh warga sekolah antara lain kepada kepala sekolah, guru, peserta didik, dan tenaga kependidikan Menjelaskan tentang pengertian dan pentingnya kesepakatan kelas
B. Guru Bersama dengan peserta didik untuk membuat kesepakatan kelas
C. Kesepakatan kelas yang telah disepakati selanjutnya ditandatangani seluruh warga kelas dan dipasang di papan pengumuman kelas Berkolaborasi dan berkomunikasi dengan rekan sejawat untuk mengontrol perilaku siswa
DUKUNGAN YANG DIBUTUHKAN
a. Kerja sama Orang tua di rumah sebagai lingkungan pertama untuk menerapkan budaya positif siswa
b. Warga sekolah sebagai teladan dalam menerapkan budaya posistif di lingkungan sekolah
c. Sarana dan prasarana yang mendukung untuk menumbuhkan budaya positif di sekolah d. Kerjasama Kepala Sekolah, Pendidik, dan Tenaga Kependidikan untuk dapat bersama-sama berupaya konsisten dalam menerapkan budaya positif
DESKRIPSI AKSI NYATA
a. Adapun hasil dari tindakan aksi nyata adalah:Terbentuknya kesepakatan kelas yang telah disepakati oleh murid dan wali kelas.
b. Menguatnya disiplin positif yang ditunjukkan dengan tertibnya kedatangan siswa ke sekolah,mentaati protokol kesehatan,memakai seragam sekolah sesuai dengan jadwal.
c. Menguatnya karakter positif pada diri siswa seperti gotong royong,mandiri,dan saling menghargai
d. Terpasangnya poster keyakinan kelas yang dipasang ditiap kelas
HASIL DARI AKSI NYATA
a. Adapun hasil dari tindakan aksi nyata adalah:Terbentuknya kesepakatan kelas yang telah disepakati oleh murid dan wali kelas.
b. Menguatnya disiplin positif yang ditunjukkan dengan tertibnya kedatangan siswa ke sekolah,mentaati protokol kesehatan,memakai seragam sekolah sesuai dengan jadwal.
c. Menguatnya karakter positif pada diri siswa seperti gotong royong,mandiri,dan saling menghargai d. Terpasangnya poster keyakinan kelas yang dipasang di tiap kelas
PEMBELAJARAN YANG DI DAPAT DARI AKSI NYATA
a. Sangat penting adanya keyakinan kelas karena dapat mendorong motivasi pada diri peserta didik
b. Saling kerjasama antara pemangku kepentingan dalam upaya mencapai visi melalui pelaksanaan budaya positif di sekolah
c. Adanya layanan Restitusi dalam upaya perwujudtan control manajer sehingga penyelesaian masalah dapat teratasi dengan baik.
PROGRAM TINDAK LANJUT
Calon Guru Penggerak senantiasa melakukan refleksi dan evaluasi program yang telah berjalan untuk perbaikan ke arah yang lebih baik.Kolaborasi dengan rekan sejawat dan seluruh warga sekolah senantiasa terus digalakkan agar semua lebih konsisten dalam melaksanakan kesepakatan kelas sehingga tercipta budaya positif di sekolah
Calon Guru Penggerak senantiasa melakukan refleksi dan evaluasi program yang telah berjalan untuk perbaikan ke arah yang lebih baik.Kolaborasi dengan rekan sejawat dan seluruh warga sekolah senantiasa terus digalakkan agar semua lebih konsisten dalam melaksanakan kesepakatan kelas sehingga tercipta budaya positif di sekolah
Dokumentasi Kegiatan Budaya Positif :
1.Membuat keyakinan kelas
2. Desiminasi Budaya Positif di Sekolah
4. Hasil Kesepakatan Kelas
a. Datang kesekolah tepat waktu
b. Melaksanakan piket kelas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar